Ringkasan Komunikasi Sinkron dan Asinkron
TUGAS
SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL
NAMA: SUCI OKTAVIANI
KELAS: X AK B
NO ABSEN: 28
1. Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000: 13).
Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002: 30).
Menurut Robbins (2002: 310) komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok.
Beberapa fungsi dari komunikasi sebagai berikut.
- sebagai informasi
- sebagai kendali
- sebagai motivasi
- sebagai pengungkapan emosional
2. Jenis Komunikasi
Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.
- Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
- Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.
Mengasah dan mengembangkan kemahiran berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari adalah penting, karena dapat membantu keseluruhan aspek perikehidupan kita, baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan profesional.
3. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
Istilah Komunikasi Daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui / menggunakan jaringan komputer. Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996).
Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969,akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari interconnectednetworks yang disingkat menjadi internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.
Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi.
4. Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.
- dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
- efisiensi biaya
- efisiensi waktu
- terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
- meningkatkan intensitas berkomunikasi
- meningkatkan partisipasi
Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
- tidak mewakili emosi pengguna
- memerlukan perangkat khusus
- terlalu banyak informasi yang tidak penting
- menyita konsentrasi
5. Jenis Komunikasi Daring
Jenis komunikasi daring ada komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron. Adapun beberapa komponen pendukung komunikasi daring.
Komunikasi daring sinkron (serempak)
Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.
- Text chat, adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring (yang sama – sama sedang menggunakan internet).
- Video chat, merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer maupun Tablet atau smartphone (juga disebut telepon video call).
- Videochatting sering disalahartikan dengan conferevideo nce. Videochatting merujuk pada komunikasi video di antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi video di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).
Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
Komponen pendukung komunikasi daring
Komponen-komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dilakukan dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.
- Komponen perangkat keras (hardware), contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.
- Komponen perangkat lunak (software), program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+hangout, webconference, dll.
- Komponen perangkat nalar atau akal (brainware), termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
6. Tata Krama (etiket) Komunikasi Asinkron
Beberapa contoh tatakrama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.
- Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
- Tidak menggunakan jenis huruf (Font) yang beragam. Karena penggunaan Font yang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata.
- Kejelasan penulis subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail Anda.
- Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail Anda.
- Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.
- Tidak meneruskan pesan yang tidak penting.
7. Tata Krama Komunikasi Sinkron
Beberapa contoh tatakrama dalam komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.
- Gunakanlah nama asli dan lokasi Anda. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara.
- Sebelum dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda.
- Jika Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang.
- Saat Anda dipersilahkan berbicara, teruslah berbicara.
- Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.
8. Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: e-mail
E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. E-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet.
Kelebihan e-mail dibandingkan surat biasa.
- e-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat
- e-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital
- sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet
Dari segi layanan, terdapat e-mail gratis dan e-mail berbayar.
- E-mail gratis adalah kegiatan surat menyurat melalui jaringan Internet tanpa mengeluarkan biaya dalam penggunaannya. Contoh E-mail Gratis adalah : Yahoo! Mail, Gmail , Livemail, Hotmail, dll.
- E-mail berbayar adalah kegiatan surat-menyurat melalui jaringan Internet yang dikenai biaya tambahan.
Salah satu penyedia layanan e-mail tidak berbayar adalah Gmail. Berikut ini merupakan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Gmail.
- Mempunyai kapasitas penampungan e-mail yang besar.
- Mempunyai fasilitas pencarian (search)
- Mendapatkan akses perangkat lunak Google lainnya, antara lain google drive, google talk, dan google calendar.
- Mendapatkan layanan POP dan Forwarding
POP (Post Office ProTOCol) adalah layanan untuk mengunduh e-mail dari Gmail ke komputer pribadi sehingga dapat Anda baca secara luring (offline).
Forwarding adalah fasilitas untuk meneruskan e-mail yang masuk ke Gmail ke e-mail lain secara otomatis.